Senin, 01 Maret 2010

Seting Karburator

Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal. “Jika teriakan mesin
pada setelan gas tertinggi kurang njerit, berarti main­jet memang kurang. Coba
naikan 5 angka dulu,”
Setelah itu, coba tarik gas. Jika pada gas tinggi tampak kayak ada kosong,
alias ada jeda pada pasokan bensin.  “Itu main­jet masih kurang.  Bisa naikan
satu step lagi,  atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya,  untuk kohar kenaikan itu
sudah cukup tinggi,” ingatnya.
Sebaliknya,   jika  saat  digas  malah  terasa mbrebet  di  putaran atas.   Itu
artinya,  kenaikan main­jet yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin.
Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin boros.  “Bensin
terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi. Kalau cepat sekali
hitam, berarti setelan kegedean pas,”
Sementara   untuk   setelan   pilot­jet,   gejalanya   juga   dideteksi   dengan
beberapa   hal.  Gejala   pertama,   jika  motor   susah   hidup   setelah   dilakukan
korekan.  “Atau  setelah hidup,   tapi  pada putaran bawah  tampak  seperti  ada
kosongnya.  Kayak bensin  enggak  jalan.   Itu artinya pilot­jet  perlu dinaikan,”
katanya.
Cara  menaikan  juga  bertahap.   “Sama   kayak kenaikan  main­jet,   coba
dinaikan 5 angka dulu,”
Penambahan antara 5 sampai 7,5 angka. Tentu saja, tergantung karakter
korekan dan jenis karburator. “Tapi dari pengalaman, setingan pilot dan main­
jet koharenggak pernah sampai 10. Jenis karburator apapun, deh,”      Setel Pelampung Karbu
Caranya, penekan jarum pada pelampung diturunkan. Posisi pelampung
jadi  lebih tinggi.  Sehingga,   lebih cepat menekan jarum pelampung agar cepat
menutup   aliran   bensin.   “Volume   bensin   di  mangkuk   berkurang.   Istilahnya
ditekorin,”
Ada  beberapa   cara  untuk mengubah.  Soalnya,  karbu  standar  bawaan
motor 4­tak sekarang ini ada dua macam. Pertama, karburator yang penekan
jarumnya terbuat dari plastik.
Ada dua teknik yang lazim digunakan. “Diganjal potongan ampelas atau pelat
seng. Bisa bekas soft drink,”.
Tinggal   dipotong  mengikuti   bagian   bawah   dari   penekan   jarum.  Lalu
selipin. Asal penempatannya pas dan nggak longgar, dijamin bakal lepas.
  Cara kedua, penekan plastik itu dipanasin pakai api. Setelah agak lunak,
baru ditekan sesuai keinginan. “Cuma cara ini riskan. Kalau panasinnya terlalu
over, bisa meleleh. Malah rusak dan nggak bisa dipake lagi,”
Jenis  karbu kedua adalah yang penekan  jarum dari  pelat.  Biasanya di
motor   4­tak   punya   produk   Suzuki   atau   Yamaha.   Caranya   lebih   mudah.
“Tinggal ubah saja. Ditekuk sesuai keinginan,”
Soal  besarnya ubahan,  jangan  lebih dari  0,5 mm.  “Terlalu besar bensin
akan   tekor.   Putaran   atasnya   akan  mbrebet   karena   kehabisan   pasokan   di
mangkuk.
      

0 komentar:

Posting Komentar