Sabtu, 13 Februari 2010

Dasar-dasar Pembakaran

1. Nilai Panas
       Biasanya satuan kalori (cal) dipakai untuk ukuran panas atau nilai panas. Diperlukan satu kalori (cal) untuk menaikkan temperatur air sebesar 1* C pada suhu 14,5* C dan pada tekanan barometer standar (1 bar = 760 mmHg ). 1.0 kalori (cal) = 1 kilo kalori (Kcal).

2. Kalori pada bahan bakar
       Komponen bahan bakar yang mudah terbakar menghasilkan volume nilai panas yang besar.jumplah panas yang dihasilkan oleh suatu pembakaran yang sempurna untuk 1 kg bahan bakar adalah nilai kalori pada bahan bakar. Uap yang dihasilkan oleh pembakaran melepaskan panas yang ter kondensasi (539 Kcal / kg),jadi tenaga kalori termasuk uap disebut tenaga kelas tinggi.
Pada kenyataan nya,dalam sebuah mesin uap dilepaskan bersamaan dengan gas pembakaran pada temperatur tinggi,sehingga tidak diperlukan kondensasi.
Dalam hal ini, tenaga kalor disebut tenaga kalor rendah yang dipakai sebagai ukuran aktual. Tenaga kalor rendah untuk bahan bakar adalah antara 10.400 sampai 10.600 Kcal / kg.

3. Jumplah / volume udara untuk pembakaran
       Secara teori,untuk pembakaran 1 kg bahan bakar dibutuhkan kurang lebih 15 kg udara. Pada kondisi pengendaraan dengan kecepatan konstan dan bahan standar,sesuai teori,pembakaran tergantung dari volume udara.
Tetapi ketika mesin mulai dihidupkan,saat idke /saat di beri beban lebih diperlukan campuran bahan bakar dan udara padat dengan kadar udara yang lebih rendah.

4. Efisiensi Panas
       Adalah perbandingan antara tenaga kalot (yang di konsumsi mesin) dengan volume panas.terdapat sejumplah elemen yang dapat mempengaruhi efisiensi panas mesin,terutama perbandingan kompresi.
Semakin besar perbandingan kompresi,efisiensi panas semakin baik. Pada umumnya Efisiensi panas bahan bakar adalah sekitar 25% dengan mengabaikan sejumplah panas yang menguap. Dibawah ini adalah daftar beberapa jenis panas yang hilang yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin :
a). Panas yang hilang sehingga menjadi dingin
b). Panas yang hilang pada pembuangan (emissions)
c). Keausan/kerusakan mekanis

0 komentar:

Posting Komentar